Dibawah ini ada pertanyaan dan jawaban dari soal-soal Ilmu Budaya Dasar. Jawabannya sudah dicantumkan dibawahnya. Biar lebih terlihat, jawabannya saya warnai dengan warna jingga. Silahkan dilihat semoga bisa menambah ilmu bagi yang melihatnya :))
1. Mata
kuliah pengantar ilmu sosial bersifat .......
a. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu
sosial
b.
memberi arahan penekanan secara global dan tidak mendalam
c.
memberi arahan penekanan pada subyek oriented menuju specialisasi
d.
memberi penekanan mataeri ilmu sosial secara terperinci
( Jawaban : a )
2. Ilmu
sosial dasar adalah .....
a.
ilmu yang membahan mengenai masalaha sosial dalam kehidupan masyarakat
b.
ilmu yang memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral
c.
tujuan pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi
d. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang
menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai
bidang pengetahuan keahian
( Jawaban : d )
3. Latar
belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari .....
a.
anggapan bahwa sistem pendidikan kita hanya mementingkan sosial science
b.
kritik terhadap sistem pendidikan kita oleh sejumlah cendikiawan
c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau
kolonial
d.
a, b dan c benar
( Jawaban : c )
4. Tenaga
ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan
yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah .......
a.
personal c. likwidasi
b.
akademis d.
professional
( Jawaban : c )
5.Profesional adalah kemampuan dalam
bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan,
maksudnya adalah ......
a.
para tenaga ahli diharapkan mempunyai pandangan yang luas
b.
peka terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia
c. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan
yang tinggi dalam bidang profesi
d.
a, b dan c benar
( Jawaban : c )
6. ISD termasuk program pendidikan umu
( MKDU ) , tujuan dari MKDU adalah untuk ......
a. memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para
mahasiswa sehingga tidak
terbatas pada bidang pengetahuan
keahlian golongan asal masing-masing
b.
memberi pemahaman kepada mahasiswa sebagai layaknya mata kuliah lain yang
diberikan
c.
mengantarkan mahasiswa agar menjauhi masalah-masalah sosial
d.
a, b dan c benar
( Jawaban : a )
7. Salah
satu definisi ISD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan,
sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah
sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD
itu bersifat ......
a.
subject-oriented c. problem-oriented
b.
object-oriented d.
humanties
( Jawaban : c )
8. Ilmu pengetahuan sosial ( IPS )
merupakan ......
a.
ilmu yang mempelajari manusia dan interaksinya
b. bidang studi yagn merupakan paduan dari sejumlah mata
pelajaran sosial
c.
suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi
d.
a, b dan c benar
( Jawaban : b )
9.
Filsafat
merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu
filsafat adalah mempersoalkan ......
a.
asal-usul ilmu pengetahuan
b. hidup dan kehidupan manusia didunia
c.
rasa ingin tahu manusia mengenai dunia
d.
pencabangan ilmu pengetahuan
e.penelaahan
alam sekitar dan perkembangannya
( Jawaban : b
)
10. Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi
dituntut kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan
diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan
kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari
kemampuan .......
a. personal
b.
profesonal
c.
akademik
d.
manajerial
e.
vokasional
( Jawaban : a
)
11. Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang
tidak terbatas pada bidang keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata
kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar ......
a.
memiliki keahlian beragam menghadapi persaingan dunia kerja
b.
menyadari posisinya sebagai calon pemimpin masa depan
c. peka,terbuka, dan ada rasa tanggungjawab terhadap masalah
sekitar
d.
selalu mengikuti perkembangan masalah – masalah masyarakat
e.
memiliki kemampuan tinggi dalam profesinya
( Jawaban : c
)
12. ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam
hal orientasi atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah .......
a.
isd berorientasi materi, pengetahuna sosial berorientasi multidisiplin
b.
isd berorientasi materi, pengetahuan sosial berorientasi inter disiplin
c.
isd berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial berorientasi praktis
d. isd berorientasi inter disiplim, pengetahuan sosial berorientasi materi
e.
isd berorientasi praktis, pengetahuan sosial berorientasi materi
( Jawaban : d
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar