Konsol permainan (Console game) adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau controller. Perkembangan konsol permainan sebelum adanya Xbox pertama kali dibuat Atari, kemudian dilanjutkan dengan Nintendo yang sempat merajai pasaran pada tahun 1985-1989. Konsol permainan modern saat ini antara lain adalah PlayStation buatan Sony dan Xbox buatan Microsoft. Konsol yang berdimensi kecil dan mudah dibawa ke mana-mana disebut konsol portabel, misalnya PlayStation Portable yang dirilis oleh Sony pada tahun 2005.
Generasi Pertama
Generasi pertama konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika “pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol.
Generasi kedua
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game pada generasi kedua dapat dilihat disamping. Dari ki-ka adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 , Atari 5200.
Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.
Generasi keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16 bit,pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.
Tahun 1989
Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109.
NEC merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine versi Amerika Utara. Harga: $189.
Sega merilis video game system Sega Genesis. Harga: $249.
Atari merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx. Harga: $149.
NEC merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine mereka di Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game ini dan tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang.
Generasi kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation
Generasi keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol.
Generasi ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player.
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game pada generasi kedua dapat dilihat disamping. Dari ki-ka adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 , Atari 5200.
Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.
Generasi keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16 bit,pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.
Tahun 1989
Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109.
NEC merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine versi Amerika Utara. Harga: $189.
Sega merilis video game system Sega Genesis. Harga: $249.
Atari merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx. Harga: $149.
NEC merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine mereka di Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game ini dan tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang.
Generasi kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation
Generasi keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol.
Generasi ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player.
Xbox
adalah konsol permainan video generasi ke-6 buatan Microsoft dan
merupakan konsol permainan video pertama bagi perusahaan Microsoft.
Pertama kali dirilis tanggal 15 November 2001 di Amerika Utara, tanggal
22 Februari 2002 di Jepang dan 14 Maret 2002 di Eropa. Xbox adalah
pendahulu dari konsol Xbox 360. Beberapa judul perangkat lunak permainan
yang terkenal untuk konsol ini adalah Halo: Combat Evolved, Amped:
Freestyle Snowboarding, Dead or Alive 3, Project Gotham Racing, dan
Oddworld: Munch's Oddysee. Sistem penyimpanan konsol Xbox adalah
Harddisk dan Memory Card.
Xbox 360 ("tiga-enampuluh"),
yang pada saat pengembangan dikenal dengan nama Xenon atau Xbox 2,
adalah penerus konsol permainan video Xbox milik Microsoft. Microsoft
secara resmi memperkenalkannya di MTV pada 12 Mei 2005 dan informasi
detil mengenai peluncuran dan permainan dibeberkan di akhir bulan yang
sama dalam Expo Electronic Entertainment (E3) yang terkenal. Saat
dirilis pada 22 November 2005 di Amerika Utara dan Puerto Rico, 2
Desember 2005 di Eropa dan 10 Desember 2005 di Jepang, Xbox 360 menjadi
konsol pertama yang diluncurkan bersama untuk tiga daerah besar. Ia
juga merupakan produk pertama konsol permainan generasi terbaru dan akan
bersaing dengan Sony PlayStation 3 dan Nintendo Wii. Xbox 360 adalah
konsol pertama yang dapat memutar film HD-DVD dengan membeli paketnya
terlebih dahulu, yang akan direlease kemudian. Xbox 360 juga adalah
konsol pertama yang menggunakan stick wireless. Andalan Xbox 360 adalah
grafis dan kemampuan onlinenya. Xbox Live adalah salah satu fitur online
yang ditawarkan Microsoft selaku produsennya.
Halo: Combat Evolved
Halo: Combat Evolved (Microsoft) adalah permainan yang merupakan satu kemestian jika anda membeli Xbox. Alami
lonjakan adrenalin hebat ketika anda bertarung dengan makhluk asing di
dalam kapal angkasa pada struktur berbentuk gelang.
Permainan ini mempunyai ciri yaitu pada tahap kepintaran tiruan
rekan-rekan serdadu anda dan keupayaan permainan multiplayer, dalam
sekitaran sehingga empat pemain atau memautkan beberapa konsol Xbox
dalam pertandingan menerusi rangkaian LAN.
Resolusi yang diberikan oleh konsol tersebut adalah sama sekali tidak ada pembatasan secara hardware. Jadi, bisa mendukung game beresolusi 4K, jika game tersebut memang
dikembangkan di resolusi super tinggi tersebut. Dengan kata lain memang sudah dibuat untuk jangka
panjang hingga saatnya TV Ultra HD 4K sendiri nanti benar-benar beredar
di pasar atau dalam artian banyak yang menggunakannya di rumah-rumah.
Untuk saat ini memang masih belum banyak yang menggunakan TV dengan
resolusi sebesar itu di pasar, mungkin untuk para publisher game atau
bos-bos besar sudah memilikinya. Namun diyakini oleh banyak orang kalau
suatu saat nanti, mungkin tidak lama lagi, semua teknologi gambar
bergerak akan digantikan dengan resolusi Ultra HD.
Shane Kim, wakil presiden korporat Microsoft dalam salah satu wawancara mengatakan cepat atau lambat Microsoft kemungkinan akan merilis XBox portabel, konsol game yang bisa dibawa dan dimainkan di mana saja. Dalam hal ini
perangkat mobile yang ringan dan bisa digenggam merupakan salah satu
perangkat pendukungnya. Dalam persaingan konsol game portabel, sejauh ini Sony telah memiliki
produk PSP Portable. Nintendo juga memiliki Nintendo DS Lite. Sementara
untuk perangkat portablenya, Microsoft baru mengembangkan music player
Microsoft Zune.
Berikut ini adalah spesifikasi dari Xbox Portable:
- ARM CPU at 600-900MHz
- ATI GPU at 200-300MHz
- 128MB 300-600MHz DDR2 RAM
- Internal Storage (8-16GB Flash or 40-120GB HDD)
- 3.5-4.5″ Widescreen 16:9 Display (480×270 or 640×360)
- Directional Control, Buttons
- WiFi (LAN) and WiMAX (WAN)
Dampak positif dari bermain game antara lain :
- Jika tidak berlebihan dapat meningkatkan kinerja otak bahkan
memiliki kapasitas jenuh yang lebih sedikit
dibandingkan dengan belajar dan
membaca buku.
- Bermain games juga dapat meningkatkan kemampuan membaca.
- Selain itu,
Dr. Jo Bryce, kepala penelitian di suatu universitas di Inggris menemukan bahwa
gamer sejati
punya daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu
menuntaskan beberapa tugas.
- Penelitian di Rochester University mengungkapkan
bahwa anak-anak yang memainkan game action secara
teratur memiliki ketajaman
mata yang lebih cepat daripada mereka yang tidak terbiasa bermain game.
Dampak negatif dari bermain game antara lain :
- Jika terlalu sering bermain games apalagi game online, waktu bersama
teman dan keluarga menjadi
renggang karena pergaulan kita hanya di
sekitar game online saja bukan di lingkungan nyata.
- Ketrampilan sosial berkurang, sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain.
- Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan game yang sedang kita mainkan. Kita jadi sulit konsentrasi
terhadap studi, pekerjaan, sering
bolos atau menghindari pekerjaan. Untuk para ibu rumah tangga, bisa
mengabaikan pekerjaan rumah tangganya.
- Karena terbiasa hanya
berinteraksi dengan komputer membuat kita menjadi tertutup dan sulit
mengekspresikan diri ketika berada di lingkungan nyata.
- Berat badan menurun karena lupa makan, atau bisa juga bertambah karena banyak ngemil dan kurang
olahraga.
- Bisa merusak mata bila terus-terusan terkena cahaya radiasi komputer.
Dampak psikologis dari perkembangan video games menimbulkan banyak
penyimpangan seperti kekerasan dan penyimpangan seksual. Semua itu berakibat
terhadap kondisi psikologis seseorang. Efek langsung penggunaan video games
memang tidak terjadi. Justru efek yang tidak langsunglah yang berbahaya. Jika
dalam video games itu menampilkan hal-hal yang bersifat kekerasan, mereka
membuka kesempatan untuk balas dendam terhadap lawan, untuk mempraktekkan cara
agresif untuk merespon konflik dan melakukan agresi. Ketika dilecehkan di sekolah misalnya, anak melihat itu sebagai perilaku
permusuhan dan beraksi lebih agresif untuk menanggapinya.
Saran dari perkembangan game yang telah mengalami perkembangan yang pesat, baik game online ataupun
video game sama-sama memiliki peminat yang besar. Game memang mempunyai
banyak manfaat untuk menunjang daya pikirnya. Namun bila
dalam pemakaian tidak dikontrol dapat mengakibatkan kebiasaan dan
menimbulkan manfaat buruk nantinya. Bagi pecinta game, disarankan untuk :
1. Mengurangi intensitas bermain game
2. Mencari kesibukan lain agar terlepas dari kecanduan bermain game
3. Berhati-hatilah dengan radiasi media visual video game, karena bisa mengganggu kerja tubuh dan otak
4. Pintar memilih waktu dan jenis permainan, yang lebih edukatif
Sumber :
http://g2hcombro.wordpress.com/sejarah-perkembangan-game/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_konsol_permainan_video_%28generasi_keenam%29
http://missririn.blogspot.com/2011/01/dampak-positif-dan-negatif-pada-games.html
http://rif03.blogspot.com/2013/04/makalah-tentang-game.html
http://www.isomwebs.net/2013-04/saran-mengenai-perkembangan-komputer/
http://www.jagatreview.com/2011/02/halo-combat-evolved-akan-dirilis-ulang/
http://www.isomwebs.net/2013-04/saran-mengenai-perkembangan-komputer/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar