lantern

lantern

Senin, 12 Mei 2014

Virtual Reality

Virtual Reality
Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sebagai contoh, pilot dapat menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.

Peranti Virtual Reality
Virtual Reality (AR) menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker. Glove adalah peranti masukkan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality. Headset adalah peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata. Sebagai contoh, kaki akan terasa berat untuk melangkah ketika pemakai sedang menghadapi dunia semu berupa rawa atau medan berlumpur.

Cara Kerja Virtual Reality
Pemakai melihat suatu dunia semu yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang nyata. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.


Game yang Menggunakan Virtual Reality
Game The SIMS merupakan suatu bentuk aplikasi dari Virtual Reality, kehidupan nyata yang dibuat secara virtual. Di The SIMS, kita dapat berinteraksi dengan pemain diseluruh dunia melalui SIMS (avatar) yang kita buat. Kita dapat menjadi kuat, kaya dan populer dengan menjalankan bisnis seperti di kehidupan nyata, serta mendapatkan teman.



Pengaplikasian Virtual Reality yang lain dapat kita lihat di dunia Militer. Virtual Reality sudah banyak digunakan sebagai media untuk melatih prajurit-prajurit sebelum terjun langsung ke medan perang. Dengan Virtual Reality ini, prajurit tidak akan mengalami cedera yang berarti, dikarenakan latihan dilakukan dalam dunia virtual. Contohnya adalah simulasi perang virtual, simulasi menerbangkan helikopter, simulasi terjun payung dan lain-lain.

Alasan Virtual Reality bisa "changes the world" karena untuk kedepannya, teknologi di dunia ini semakin lama akan semakin canggih dan berkembang dengan pesat dan Virtual Reality itu mendukung kemajuan dari teknologi di seluruh dunia. Aplikasi VR sudah lama digunakan apalagi oleh negara maju. Selain untuk aplikasi games dan bidang militer ada juga dalam bidang lain yang menggunakan aplikasi tersebut, yaitu :

  • Bidang olahraga
Ini digunakan untuk meminimasi cedera terutama bagi penggandrung olahraga ekstrem tetapi tidak berani melakukannya. Jadi mereka hanya akan melakukan olahraga tersebut melalui dunia virtual, tanpa harus takut mengalami cedera.

  • Bidang Edukasi
Ini digunakan sebagai media belajar bagi orang-orang sebelum terjun langsung ke dunia nyata. Contohnya belajar menyetir (bayangkan bila stir mobil sungguhan langsung diberikan pada mereka). Maka teknologi Virtual Reality akan sangat membantu sebagai fasilitas pembelajaran bagi orang-orang yang ingin belajar menyetir misalnya agar dapat berlatih dahulu di dunia virtual untuk meminimasi kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan masih banyak lagi aplikasi yang menggunakan Virtual Reality dibidang lainnya.


Kelebihan dan Kekurangan Virtual Reality
Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Virtual Reality, yaitu  :



Sumber  :
http://aplikasiergonomi.wordpress.com/2011/12/27/virtual-reality-and-augmented-reality-the-future-of-technology/
http://fitriansyah76.wordpress.com/2008/12/03/virtual-reality/
http://www.academia.edu/3891464/Kelebihan_dan_Kekurangan_Virtual_Reality_Kelebihan_Kekurangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar